UU ITE, UU YANG SERBA ANEH……

28 04 2008

UU ITE yang sempat bikin gempar dunia persilatan politik indonesia ternyata menyimpan banyak kejanggalan. Ternyata UU ITE tidak punya dasar laut hukum dalam pembentukannya. Suatu UU hanya bisa dibentuk bila memang diperintahkan oleh konstitusi atau diperintahkan oleh UU yang lain. Kenyataannya UU ITE tidak diperintahkan pembentukkannya oleh UUDNRI 1945. Silakan cari di UUDNRI 1945. Tidak ada satupun pasal dan bab dalam UUD kita yang memerintahkan pembentukan UU ITE. Sampai saat inipun saya belum menemukan UU yang memerintahkan pembentukkan UU ITE.

UU itu memang sudah disahkan DPR tapi belum ditandatangani presiden. Bila sampai 30 hari presiden tidak tanda tangan, UU itu telah sah berlaku dalam peraturan perundang-undangan RI. Dasar hukum aturan ini ada pada UUDNRI 1945 pasal 20 ayat 5. Ayat 5 inipun mengandung kejanggalan karena dikesankan bahwa presiden punya hak untuk menolak UU. Maksud dari dikeluarkannya ayat ini adalah kita ingin mengikuti aturan politik AS dimana seorang bupati presiden berhak menolak UU yang tak ia sukai ( Pocket Veto). Tapi ayat ini bertolak belakang dengan ayat 2 pasal tersebut yang menyebutkan bahwa UU dibahas bersama DPR dengan presiden untuk mencapai persetujuan bersama. Bagaimana mungkin presiden menolak UU yang telah ia setujui pada rapat pembahasan? aneh….

Balik lagi ke UU ITE. Mungkin anda bertanya. Kalau begitu apa motivasi pembentuk UU ini membentuk UU ITE? Alasannya cuma satu…memperoleh alat bukti dalam transaksi elektronik. dan pelarangan situs bokep hanyalah bagian kecil dari UU itu. Tenang UU itu belum berlaku di indonesia.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: