protes tibet dan kemurkaan china

23 03 2008

Tibet kembali bergolak. Kali ini setelah 47 tahun dalam kekuasaan china, Tibet bangun dari tidur dan menyalak menuntut kemerdekaan. Suatu hal yang wajar dituntut oleh suatu negara. Apalagi Tibet dikuasai oleh china secara tidak sah. Ya, Tibet dikuasai china lewat sebuah agresi sekitar 47 tahun lalu. Agresi yang membuat tokoh spiritual Tibet, Dalai Lama, menyingkir ke India.

Aksi Tibet menuntut kemerdekaan membuat china murka. China bereaksi dengan mengirim ribuan pasukan militer da  para militer ke Tibet. Aksi ini dilawan oleh para demonstran dengan menyerang orang Han yang notabene adalah orang china asli. China lalu mengusir orang-orang asing termasuk wartawan asing keluar Tibet. Demonstrasi Tibet berubah jadi kerusuhan massal yang dihadapi dengan represif oleh pemerintah China.

Aksi China terhadap Tibet menyulut emosi dunia. PM Inggris segera bertemu dengan Dalai Lama untuk membahas situasi. Tindakan Inggris ini dikecam China. Untuk meredam kemarahan dunia, China mengklaim jumlah korban tewas di Tibet “hanya” 13 orang. Sedang versi lain menyebutkan 80an orang tewas.

Sudah menjadi kebiasaan bagi China yang komunis itu untuk melawan segala hal yang membuat kacau negaranya dengan tindakan represif yang melanggar HAM. Ini membuat pamor China di mata dunia “terjun bebas”. Apalagi di mata rekan sejawatnya di DK PBB. Tampaknya dunia harus beraksi untuk menghentikan aksi represif China di Tibet. Karena bagaimanapun juga Tibet berhak untuk merdeka sebagaimana tercantum dalam piagam PBB.

Iklan

Aksi

Information

One response

23 03 2008
benazio

ckckck . tetep deh sejarah sukanya . dasar om poerba . ahaha .

bahasanya jangan berat gitu dong om hhe. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: